Gelar FGD, Diskominfo Bahas Infrastruktur TIK




Surabaya - Dinas Komunikasi dan Informatika (Diskominfo) Provinsi Jawa Timur kembali mengadakan Focus Group Discussion (FGD) tentang Pembangunan Jaringan TIK, di Aula Dinas Kominfo Provinsi Jatim, Rabu (19/12). Kegiatan ini dihadiri 35 OPD di Lingkungan Pemprov Jawa Timur.
Kegiatan ini dalam rangka meningkatkan jaringan TIK bagi OPD di Jawa Timur,sekaligus melakukan evaluasi infrastruktur TIK. Kepala Bidang Infrastruktur TIK Dinas Kominfo Jatim, Dodong Martiar Mediantoko mengatakan pada dasarnya Infrastruktur TIK meliputi bandwith internet dan government data center. Dodong juga menegaskan Pemprov Jatim harus segera bertransformasi dari government ke e-government. Agar proses birokrasi dan pendapatan data lebih efisien dan cepat.
Demi menciptakan infastruktur TIK yang ideal, Dinas Kominfo Jatim membangun data center untuk mengatasi permasalahan jaringan. Data center tersebut berguna untuk mengelola dan memonitor jaringan pemerintah melalui Network Operation Center (NOC). Di Indonesia sendiri hanya memiliki 10 Data Center salah satunya di Dinas Kominfo Jatim.“Data Center merupakan keunggulan Jatim.Provinsi lain belum banyak menggunakan data center.Baik di kepemerintahan provinsi maupun kabupaten kota” pungkas Dodong.
“Jawa Timur sendiri sudah tertinggal oleh provinsi lain salah satunya Jawa Tengah dan Jawa Barat.Diharapkan Gubernur dan Wagub baru nantinya bisa mengkritik fasilitas informatika agar lebih baik dan bisa mengejar ketertinggalan dalam bidang Infrastruktur TIK”, ujarnya.(sta/ubh)

Komentar

Postingan Populer